Selamat datang di "PunyaKita" blog. Blog 1semua ini merupakan bagian dari tampungan ragam informasi yang diperuntukkan bagi siapa saja untuk menambah wawasan baik untuk kepentingan diri sendiri maupun untuk lingkungan di sekitar kita

Selasa, 17 Juli 2012

Uji IQ, Skor Wanita Lebih Tinggi dari Pria


Temuan ini memutarbalikkan 'pertempuran' gender


Seorang ahli penguji intelligence quotient (IQ) kenamaan dunia, James Flynn, mempublikasikan temuan menarik mengenai tingkat kecerdasan antara kaum hawa dan adam. Menurutnya, IQ perempuan saat ini lebih tinggi ketimbang laki-laki. 

Temuan ini memutarbalikkan 'pertempuran' gender yang kerap menempatkan laki-laki sebagai pemimpin dalam uji IQ. Dalam 100 tahun terakhir, IQ perempuan memang tertinggal sekitar 5 poin dibandingkan laki-laki. Tapi, kini jurang tersebut terhapus dan perempuan memimpin di depan. 

Fynn percaya, semakin tingginya IQ kaum hawa akibat tuntutan zaman modern yang meningkatkan standar kecerdasan, seperti dikutip dari laman The Telegraph edisi Minggu 15 Juli 2012. "Dalam 100 tahun terakhir, skor IQ baik perempuan maupun laki-laki makin meningkat. Tapi perempuan meningkat lebih cepat," kata Fynn. 

"Ini merupakan konsekuensi modernitas. Kompleksitas dunia modern membuat otak kita beradaptasi dan pada akhirnya meningkatkan IQ kita," jelasnya. 

Ada teori yang mencoba menjelaskan bahwa fenomena ini adalah hasil tuntutan dalam keluarga dan membangun karir, sehingga membuat perempuan semakin cerdas. Ada juga yang mencoba menjelaskan bahwa perempuan selama ini memang berpotensi memiliki skor kecerdasan yang tinggi. Hanya saja, baru sekarang ini disadari. 

Flynn yang membukukan temuannya itu menambahkan: “Otak manusia di zaman modern tumbuh dengan cara yang berbeda. Dan, menunjukkan peningkatan kompleksitas kognitif yang menjadi ukuran kenaikan IQ."

Peningkatan ini, imbuhnya, lebih terlihat pada perempuan dibandingkan laki-laki karena mereka kurang beruntung di masa lalu. Tapi, Fynn mengatakan mesti lebih banyak data yang dibutuhkan untuk menjelaskan tren tersebut (Rukmiaji Muhammad)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar